MKS,BUKITTINGGI.MINANGTIME.COM - Saban hari sudah menjadi pandangan umum di Jl By Pass No 25 Gulai Bancah kedai harian Balqis Mart yang menjual kebutuhan sehari-hari  terutama ibu rumah tangga yang tinggal disekitar Kelurahan Kubu Gulai Bancah dan sepanjang jalan By Pass Surau Gadang hingga Simpang Gadut ramai dikunjungi.

Terbukti dengan ramainya Ibu-ibu atau Bapak-bapak yang bolak balik belanja kebutuhan harian dan bertransaksi .
Termasuk milenial sehari-hari pun rajin belanja  sambil nongkrong menghabiskan  minuman ringan atau snack.

Kedai yang berkonsep swalayan ini telah menjadi perhatian program kemitraan PT HMS melalui SRC (Sampoerna Retail Comunity) dalam Komunitas Toko Kelontong Zaman Kini  yang menghimpun pedagang-pedagang kecil bisa bersatu dan bermitra.

Strategi Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program kemitraan PT Hanjaya Mandala Sampurna (HMS) lewat SRC, bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM toko kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan.

Balqis Mart dengan  motto Barang Lengkap, Harga Bersaing dan berkonsep Keuntungan Langganan serta Jual Produk Digital merupakan juga strategi pasar dari PT HMS yang  menilik Balqis Mart untuk dijadikan mitra perusahaan.

Akhirnya pertengahan tahun 2022 PT HMS menjadikan Balqis Mart sebagai koodinator wilayah 2 untuk daerah Bukittinggi,Agam,Pasaman,Padang Panjang dan Batu Sangkar.

Ini terbukti dengan dikunjunginya komunitas SRC Bukittinggi oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldi pada tanggal 20 Juni 2022 tahun lalu dengan menggelar ramah tamah di Auditorium Pustaka Bung Hatta dan melakukan  peninjauan ke lapangan.

Peninjauan lapangan dan sekaligus seperti apa konsep Toko Kelontong Zaman Kini terpilih lah Balqis Mart.

Wagub yang didampingi manager PT. HMS Jakarta langsung berdialog dengan dengan Mainimar yang juga bendahara SRC Wilayah Koodinasi Bukittinggi.
"Kami di wilayah 2 ini ada sekitar 4000 kedai  dan selalu berkomunikasi serta saling mengaplikasikan konsep-konsep yang dibekali dari SRC"

 

Wakil Gubernur Sumbar di Balqis Mart ( Dok Foto Balqis )

Mainimar dengan sang suami Gustianof Visco selaku pemilik swalayan selalu berusaha melakukan arahan mitra.
"Suami dan Saya yang selalu punya konsep  memanejemenya bersama anak-anak sehingga berhasil mengemasnya seperti sekarang"
Tambah Ibu baya yang akrab dipanggil pelanggan dengan Mai itu.

Hal ini terbukti dengan kunjungan Wakil Gubernur atau orang no 2 Sumatera Barat dengan penuh apresiasi menyampaikan   kepada Gustianof Visco
"Saya tidak menyangka begitu besar komunitas ini"

Gustianof Visco Owner Balqis Mart

Wagub dan rombongan berkesempatan melihat langsung transaksi-transaksi dan beberapa kali menyapa pembeli ketika itu.

Kunjungan berakhir dengan foto bersama.

"Semogan sukses."

Ucapan perpisahan yang disampaikan Wagub ketika itu kepada  Gustianof Visco yang akrab dipanggil Kari Balqis dan semua yang hadir di Balqis Mart ketika melepas kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Barat kembali ke Padang dengan rombongan PT HMS.

*RB